Program Pengimbasan BOS Kinerja Prestasi di SMP Negeri 1 Tamiang Layang

Kepala SMPN 1 Tamiang Layang Sardono, S.Pd saat menyerahkan piala kepada siswinya baru-baru ini.

TAMIANG LAYANG- Pemerintah Indonesia terus mengambil langkah konkret untuk meningkatkan prestasi peserta didik melalui program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kinerja Sekolah Prestasi. Salah satu contoh implementasi yang mencolok adalah pelaksanaan program ini di SMP Negeri 1 Tamiang Layang pada tahun 2023. Program ini merupakan inisiatif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dijalankan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Pada tahun ini, SMP Negeri 1 Tamiang Layang menjadi salah satu sekolah yang mendapat manfaat dari Program BOS Kinerja Sekolah Prestasi. Upaya ini sebagai wujud nyata dari komitmen pemerintah untuk mendukung pengembangan prestasi peserta didik di seluruh Indonesia.

Kepala SMPN 1 Tamiang Layang Sardono, S. Pd kepada MMC Bartim menjelaskan sebagai bagian dari pelaksanaan program, sebuah Webinar diselenggarakan oleh Kemendikbudristek pada tanggal 4 hingga 6 September 2023, bertujuan untuk mensosialisasikan Program BOS Kinerja Sekolah Prestasi.

Program ini, ujar Sardono, mencakup dua kegiatan utama di SMP Negeri 1 Tamiang Layang, yaitu pembukaan dan kegiatan pengimbasan. Kegiatan pengimbasan dijadwalkan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2023 dan akan melibatkan beberapa sekolah yang diundang, antara lain: SDN 1 Tamiang Layang, SDN 2 Tamiang Layang, SDN 3 Tamiang Layang, SDN Didi, SDN Mangkarap, SDN Haringen, SDK Trinitas Tamiang Layang, SMP Negeri 2 Tamiang Layang, SMP Negeri 3 Tamiang Layang dan SMP Negeri 4 Tamiang Layang

Pada acara pengimbasan, terang Sardono, Coaching Clinic akan diadakan dengan melibatkan empat narasumber terkemuka, yaitu Listin Ngantung S.Pd., MM, Sumah Sasdipah, S.Pd, Rosiani, S.Si, dan Maria Marai’ai, S.Pd. Tujuan dari Coaching Clinic ini adalah memberikan motivasi, dorongan, dan berbagi praktik baik kepada sekolah yang diundang, sehingga diharapkan mereka mampu mencapai prestasi dan mendapatkan BOS Kinerja.

Selain itu, ucap Sardono, acara juga akan mencakup kegiatan lomba dengan partisipasi sekolah yang diundang. Lomba ini mencakup beberapa jenis, seperti OSN Sains Tingkat SD (Mata Pelajaran IPA, IPS, dan Matematika), O2SN (Olahraga) dengan tiga cabang utama, yaitu Lari, Lompat, Lempar (Atletik), Seni Tari, Seni Vocal Solo, Tanuhui, dan Tumet Leut.

Pelaksanaan kegiatan lomba dan pengimbasan akan berlangsung di SMP Negeri Tamiang Layang dan Panggung Ruang Terbuka Hijau (RTH). Semua kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi siswa di SMP Negeri 1 Tamiang Layang.(cak)

 1,165 total,  10 kali dibaca hari ini

Warta Terkait

Leave a Comment

four × two =