Desa Matabu Wakili Dustim di Lomba Desa Tingkat Kabupaten Barito Timur Tahun 2024

Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Bartim, Melly Novita Indra Gunawan melaksanakan Potong Pantan tanda dimulainya Kegiatan Penilaian Lomba Desa di Desa Matabu Rabu, 29 Mei 2024

TAMIANG LAYANG – Desa Matabu mewakili Kecamatan Dusun Timur (Dustim), dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Barito Timur Tahun 2024.

Desa Matabu terpilih dari 16 desa lain di wilayah itu karena dinilai layak dan hasil seleksi mewakili kecamatan. Selain itu, dengan berbagai kelengkapan sarana dan fasilitas dimiliki.

Kesiapan Desa Matabu dalam lomba desa ini pun ditinjau. Tim yang terdiri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (DPMDSos) dan PKK kabupaten serta jajaran kecamatan di wilayah itu melakukan penilaian, Rabu (29/5).

Ketua TP PKK Kabupaten Bartim, Melly Novita Indra Gunawan menyampaikan, ada beberapa hal yang ditinjau khususnya berkaitan pemberdayaan  kesejahteraan keluarga di desa mewakili Kecamatan Dusun Timur yaitu, Desa Matabu.

“Dari yang kita lihat ada sedikit yang perlu dilakukan karena belum ada pembinaan selama ini, sehingga saya mengharapkan menuju lebih baik,” ujar Melly Novita diwawancarai.

Istri dari Pj Bupati Bartim Indra Gunawan menambahkan, Desa Matabu sempat mewakili Kecamatan Dusun Timur pada Tahun 2020 dan masuk dalam lima besar. Desa Matabu keluar sebagai juara tiga di tingkat kabupaten.

“Banyak yang menjadi penilaian dan kita banyak apresiasi untuk Desa Matabu karena sudah ada perbaikan tinggal kelengkapannya saja,” sebut Melly Novita.

Hingga saat ini, sambungnya, sudah ada tujuh desa lain yang mewakili kecamatan untuk dilakukan penilaian. Melly mengharapkan, desa – desa yang mengikuti perlombaan, bisa bersaing dan berdampak terhadap kemajuan dan perkembangan wilayah.

Sementara itu, Kepala DPMDSos Kabupaten Bartim, Osa Awatnu, melalui Sekretaris Christian Pantamei mengatakan, penilaian lomba desa tingkat kabupaten ini dilaksanakan sejak tanggal 22 Mei 2024 lalu. Pemenang akan mewakili daerah ke tingkat Provinsi Kalteng.

“Tetapi sebelum itu ada penilaian lagi dari provinsi pada lokus desa yang mewakili daerah. Besar harapan Bartim bisa menjadi juara,” tandasnya.(cak)

 1,290 total,  9 kali dibaca hari ini

Warta Terkait

Leave a Comment