Bapenda Bartim  Sosialisasikan Peningkatan Layanan Informasi Publik Melalui Aksi Perubahan “LAFOR PAK BAPENDA”

Roosmey Indriani, Sekretaris Bapenda Kabupaten Barito Timur, menjelaskan Peningkatan Layanan Informasi Program/Kegiatan Bapenda” (LAFOR PAK BAPENDA).

PAK BAPENDA”

TAMIANG LAYANG –Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Barito Timur menggelar sosialisasi terkait Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Aula Bapenda, Selasa (08/10). Kegiatan ini merupakan bagian dari aksi perubahan yang diinisiasi oleh Roosmey Indriani, Sekretaris Bapenda Kabupaten Barito Timur, dalam rangkaian Pelatihan Kepemimpinan Administrator. Aksi perubahan tersebut diberi judul “Peningkatan Layanan Informasi Program/Kegiatan Bapenda” (LAFOR PAK BAPENDA).

Dalam sosialisasinya, Roosmey Indriani menjelaskan bahwa sesuai dengan Keputusan Bupati Barito Timur Nomor 98 Tahun 2023, peran PPID pada Bapenda diemban oleh sekretaris badan/dinas yang bertanggung jawab dalam penyediaan data dan informasi publik yang menjadi kewenangan Bapenda. PPID Bapenda ini memiliki tanggung jawab langsung kepada PPID Utama Kabupaten Barito Timur.

Aksi perubahan LAFOR PAK BAPENDA bertujuan untuk memastikan Bapenda Kabupaten Barito Timur menjalankan tugasnya dalam memenuhi standar keterbukaan informasi publik. Dengan peningkatan layanan ini, Bapenda diharapkan dapat membuat keputusan berbasis data yang lebih tepat dan terukur dalam perencanaan serta pelaksanaan program-programnya. Lebih dari itu, akses informasi yang lebih mudah diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Bapenda sebagai lembaga yang transparan dan akuntabel, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada peningkatan kepuasan publik terhadap pelayanan yang diberikan.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Harian Lepas (PHL) yang bekerja di lingkungan Bapenda Kabupaten Barito Timur. Dalam kesempatan tersebut, Roosmey Indriani juga menyampaikan imbauan kepada seluruh bidang, khususnya Bidang Pajak Daerah serta Bidang Retribusi Daerah dan Pendapatan Lainnya, untuk berperan aktif dalam menyampaikan informasi terbaru yang akan dipublikasikan melalui website PPID Bapenda Kabupaten Barito Timur.

Dengan adanya kolaborasi yang lebih intensif antara seluruh bidang di Bapenda, diharapkan peningkatan layanan informasi ini akan semakin memperkuat peran Bapenda dalam mendukung transparansi serta efektivitas pelayanan publik di Kabupaten Barito Timur.(kontribusi dari : Lily Bapenda Bartim).

 83 total,  83 kali dibaca hari ini

Warta Terkait

Leave a Comment