Kunjungan Bersejarah Presiden RI ke Barito Timur, Pj.Bupati Bartim: Momen Istimewa Menjelang Ulang Tahun ke-22 Kabupaten

Pj.Bupati Barito Timur Indra Gunawaan saat mengecek kesiapan di Pasar Teomenggung Djaja Karti sebelum menjembut Presiden RI dan rombongan di Bumi Perkemahan Bangi Wau, Kamis (27/06/2024).

TAMIANG LAYANG- Penjabat (Pj) Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, menyatakan bahwa kunjungan Presiden RI ke Kabupaten Barito Timur merupakan yang pertama kali dan menjadi momen bersejarah menjelang ulang tahun ke-22 Kabupaten pada 3 Agustus 2024 mendatang. Kunjungan ini juga menjadi hadiah istimewa bagi seluruh masyarakat Gumi Jari Janang Kalalawah.

“Dalam kunjungannya, Presiden memberi pesan menekankan pentingnya kepemimpinan yang mensejahterakan masyarakat,” ujar Indra Gunawan disela-sela mendampingi Presiden RI Joko Widodo di RSUD Tamiang Layang, Kamis (27/06/2024).

Orang nomor satu di Bartim ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Barito Timur yang begitu antusias menyambut Presiden RI.

Antusiasme luar biasa dari masyarakat Barito Timur terlihat dari sambutan hangat saat Presiden tiba di Pasar Temanggong Djaja Karti, RSUD Tamiang Layang, dan berbagai tempat lainnya. Hal ini menunjukkan dukungan besar terhadap visi dan komitmen pemerintah untuk membangun bersama.

Presiden RI, yang juga didampingi oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, menyampaikan apresiasi dan komitmen untuk terus mendukung kemajuan Kabupaten Barito Timur.

 “Dalam pesannya kepada masyarakat, Presiden menekankan pentingnya stabilitas harga kebutuhan pokok dan peningkatan pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau,” ungkap Pj.Bupati Bartim.

Kunjungan ini juga diwarnai dengan partisipasi luas dari tokoh masyarakat, agama, serta seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat yang bersatu untuk menyambut dengan penuh semangat. Media lokal juga turut berperan penting dalam meliput setiap momen berharga selama kunjungan ini.

Meskipun ada beberapa kendala yang mungkin terjadi, seperti diakui oleh panitia penyelenggara, semua kegiatan tetap berjalan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan.

“Terima kasih kepada seluruh ASN, TNI, Polri, yang telah mendukung dalam segala kegiatan penyambutan, dan terima kasih kepada seluruh siswa-siswi sekolah dasar, sekolah menengah tingkat pertama, dan sekolah menengah tingkat atas yang sudah menyambut di sepanjang jalan dengan mengibarkan bendera merah putih,” ujar Indra Gunawan.

Kunjungan ini tidak hanya meninggalkan kesan mendalam bagi masyarakat Kabupaten Barito Timur, tetapi juga menjadi titik awal yang cerah untuk masa depan yang lebih baik. “Semangat dan kolaborasi yang tercipta hari ini akan terus menginspirasi semua pihak dalam membangun Kabupaten Barito Timur ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Sekda Bartim Panahan Moetar saat menunggu kedatangan Presiden RI Joko Widodo di Pasar Toemenggung Djaja Kartim, Kamis (27/06/2024).

Hal-hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar, setelah menyambut kunjungan kerja Presiden di dua titik fasilitas umum. “Kita bersyukur bahwa Presiden Jokowi untuk pertama kali bisa berkunjung ke Barito Timur. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Timur menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya karena Kabupaten Barito Timur terpilih untuk dikunjungi Presiden,” ucap Panahan di Tamiang Layang, Kamis 27 Juni 2024.

Menurutnya, ada banyak hal yang mungkin nantinya bisa dilihat oleh Presiden terkait kondisi Kabupaten Barito Timur dan ada kebijakan-kebijakan yang tentunya bisa membantu percepatan pembangunan di wilayah ini. “Itu yang kami harapkan, dan kami berterima kasih walaupun secara kedinasan ini pertama kali kita mendapat kunjungan orang nomor satu di Indonesia. Walaupun ada banyak kekurangan dan kelemahan, syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sampai saat ini kunjungan berjalan dengan lancar dan masyarakat sangat antusia,” jelasnya.

Panahan juga mengungkapkan bahwa kedatangan Presiden yang bertemu langsung dengan masyarakat Barito Timur disambut dengan sangat senang. Terlihat dari masyarakat yang sudah berbondong-bondong menyambut kedatangan Presiden.

“Kita berharap dengan kehadiran Presiden yang bisa melihat langsung kondisi kita, baik dari darat maupun udara, dapat memahami kontur wilayah kita. Mudah-mudahan pemerintah juga akan mengusulkan beberapa kegiatan strategis nasional yang tentunya akan mendukung IKN,” terang Panahan.

Lebih lanjut, Panahan mengatakan bahwa sebagai daerah penyangga yang merupakan daerah terdekat dengan IKN untuk Kalimantan Tengah, pihaknya berharap program-program strategis nasional bisa juga diluncurkan ke wilayah Barito Timur.

“Terutama untuk kebutuhan-kebutuhan pokok, kami berharap warga masyarakat Kabupaten Barito Timur bisa merespons ini semua, peluang-peluang usaha dan bisnis ekonomi dari hal-hal yang kecil bisa digerakkan oleh kita (Pemerintah Daerah) bersama dengan masyarakat di Kabupaten Barito Timur untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kita,” pungkasnya.(cak)

 1,016 total,  3 kali dibaca hari ini

Warta Terkait

Leave a Comment