BKPSDM Barito Timur Terapkan Layanan Publik Peduli dan Ramah Kelompok Rentan

Kepala BKPSDM Kab.Bartim Jhon Wahyudi

Tamiang Layang – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Barito Timur berkomitmen penuh dalam mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB) Nomor 11 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan. Komitmen ini diwujudkan dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kualitas layanan bagi penyandang disabilitas, lansia, ibu hamil, dan anak-anak/balita.

Untuk memastikan seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan yang setara, BKPSDM Barito Timur menyediakan berbagai fasilitas fasilitas Prioritas untuk kemudahan akses, antara lain: – Area Parkir Khusus Disabilitas : Lokasi parkir ini ditempatkan di area terdekat dengan pintu masuk kantor untuk memudahkan akses bagi pengguna dengan keterbatasan gerak. – Kursi Tunggu Prioritas : Deretan kursi khusus ini disediakan di ruang tunggu, diprioritaskan bagi lansia, ibu hamil, dan individu dengan kebutuhan khusus/disabilitas. – Meja Layanan Prioritas : Meja layanan khusus ini dirancang untuk mempercepat proses pelayanan bagi kelompok rentan tanpa harus mengantre panjang. – Pojok Bermain Anak : Fasilitas ini memberikan kenyamanan bagi orang tua yang membawa anak saat mengurus keperluan di BKPSDM, sehingga anak dapat bermain dengan aman sambil menunggu proses pelayanan.

Kepala BKPSDM Kabupaten Barito Timur, Jhon Wahyudi, AP, M.Si, menyatakan, “Penerapan Permen PANRB ini adalah wujud nyata dari komitmen kami untuk memberikan layanan yang inklusif dan berkeadilan. Kami ingin memastikan bahwa tidak ada satu pun masyarakat yang merasa mendapat perlakuan berbeda saat berurusan di BKPSDM”. Lebih lanjut, Kepala BKPSDM, menyampaikan bahwa ini merupakan Langkah awal Menuju Pelayanan Prima yang Inklusif. Langkah ini menjadi fondasi penting dalam upaya BKPSDM Barito Timur menuju pelayanan publik yang lebih modern dan manusiawi. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan proses birokrasi dapat berjalan lebih efisien, nyaman, dan ramah bagi semua kalangan. Kedepannya, BKPSDM berencana terus mengevaluasi dan menambah fasilitas, serta meningkatkan layanan agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang beragam.

 255 total,  255 kali dibaca hari ini

Warta Terkait

Leave a Comment

four + eighteen =