Pj. Bupati Bartim Hadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda dan Ikrar Anak Bangsa di Palangka Raya

Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, bersama jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Timur, menghadiri Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Ikrar Anak Bangsa. Acara ini berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya pada Senin (28/10/2024).

PALANGKA RAYA – Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, bersama jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Timur, menghadiri Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Ikrar Anak Bangsa. Acara ini berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya pada Senin (28/10/2024) dan dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah, M. Katma F. Dirun.

Dalam kesempatan tersebut, Katma F. Dirun membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga, yang menekankan arti penting peristiwa Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Menurutnya, Sumpah Pemuda adalah momen bersejarah yang menunjukkan tekad pemuda Indonesia untuk bersatu di tengah keragaman demi terbentuknya negara Indonesia yang kuat dan bersatu.

“Nilai-nilai luhur dari generasi Sumpah Pemuda 1928 harus senantiasa digaungkan untuk memperkuat karakter bangsa Indonesia, terutama di tengah dinamika perubahan yang cepat dan tantangan global yang bisa melemahkan daya kekuatan bangsa dalam menjaga eksistensi kebangsaan,” ujar Katma seperti dikutip dari MMC Kalteng.

Katma juga menambahkan, Peringatan Bulan Pemuda dan Hari Sumpah Pemuda 2024 ini bertepatan dengan masa transisi pemerintahan baru, yang diharapkan dapat mengorkestrasi langkah-langkah bangsa untuk mencapai target pembangunan jangka menengah dan menjadi landasan menuju target Indonesia Emas 2045.

“Ini adalah kesempatan bagi kita untuk fokus pada agenda kepemudaan sebagai bagian integral dalam pembangunan Indonesia, baik dalam posisi pemuda sebagai pelaku aktif pembangunan maupun sebagai penerima manfaat pembangunan,” katanya.

Menurutnya, peran Pemerintah Daerah sangat penting dalam memperluas pelayanan kepemudaan. Ia mengapresiasi segala upaya yang dilakukan daerah untuk memperbaiki kebijakan kepemudaan karena dampaknya akan memperluas akses pelayanan hingga tidak ada satu pemuda pun yang tertinggal.

Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pengembangan potensi pemuda Indonesia melalui kegiatan yang memacu kreativitas dan inovasi.

“Marilah kita membuka peluang seluas-luasnya bagi pemuda Indonesia untuk terlibat dalam setiap aspek pembangunan sesuai dengan kompetensi dan minat mereka. Mari kita tingkatkan kepedulian terhadap pemuda melalui perbaikan pelayanan, tata kelola, serta dukungan sumber daya, agar kondisi kepemudaan Indonesia semakin baik,” tambahnya.

Upacara ini turut dihadiri oleh para Pj Bupati/Wali Kota se-Kalimantan Tengah, unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah lingkup Provinsi dan Kota Palangka Raya, serta para pemuda pemudi dari berbagai daerah di Kalteng. (cak/mmc kalteng).

 590 total,  590 kali dibaca hari ini

Warta Terkait

Leave a Comment

four × 5 =