Bartim Raih Juara II dalam Lomba Inovasi Daerah se Kalimantan Tengah

TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur kembali mencatat prestasi gemilang. Melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Bartim berhasil meraih Juara II dalam Lomba Inovasi Daerah tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Keberhasilan ini diraih berkat inovasi unggulan bertajuk GERCEP MBA NONI (Gerakan Cek Pajak Mandiri dan Pembayaran Non Tunai).

Inovasi ini diprakarsai oleh Bapenda Barito Timur di bawah kepemimpinan Suma Wara Maharati, yang mendapatkan arahan langsung dari Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur dan didikung juga oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Barito Timur . GERCEP MBA NONI bertujuan memudahkan masyarakat dalam memeriksa dan membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) secara mandiri melalui aplikasi SIPPBB yang terintegrasi dengan MyBPHTB serta host-to-host dengan Bank Kalteng, Bank Mandiri, BPN/ATR,PPAT, BSrE, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI.

Keunggulan dari GERCEP MBA NONI terletak pada kemampuan sistemnya yang telah tersertifikasi oleh Balai Sertifikasi Elektronik untuk E-SPPT-PBB P2. Wajib pajak dapat mengakses informasi piutang PBB-P2 melalui smartphone, mencetaknya sendiri, dan langsung melakukan pembayaran secara non-tunai melalui aplikasi mobile banking atau EDC. Inovasi ini juga mendukung program Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Kabupaten Barito Timur, memperkuat keamanan data melalui kolaborasi dengan Diskominfosantik, dan integrasi dengan pihak ketiga.

Pengumuman pemenang Lomba Inovasi Daerah tingkat Provinsi Kalimantan Tengah disampaikan pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, 17 Agustus 2024, di Palangka Raya. Meskipun sempat terjadi kesalahan dalam penyebutan nama pemenang, surat ralat dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Tengah yang dikeluarkan pada 19 Agustus 2024 menegaskan bahwa Bapenda Barito Timur dengan inovasi GERCEP MBA NONI layak mendapatkan Juara II.

Atas prestasi ini, Bapenda Barito Timur berhak menerima uang pembinaan, piagam, dan plakat penghargaan. “Kemenangan ini adalah kemenangan kita semua, para ASN yang terus berinovasi di instansi masing-masing, memberikan manfaat bagi masyarakat luas, dan berkontribusi nyata dalam pembangunan Barito Timur,” ujar Suma Wara Maharati dengan bangga.(cak)

 1,669 total,  2 kali dibaca hari ini

Warta Terkait

Leave a Comment