Pj Bupati Bartim Harapkan Peningkatan SDM

Pj Bupati Bartim, Indra Gunawan saat pelaksanaan Hari Jadi ke – 22 Kabupaten Barito Timur, Sabtu (3/8)

TAMIANG LAYANG – Pj Bupati Bartim, Indra Gunawan, mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan perbaikan infrastruktur menuju sentra pertanian. Menurut Indra, tantangan ke depan bukan hanya pembangunan fisik jalan, jembatan, kantor, dan yang lain sebagainya, tetapi juga yang berkaitan dengan kapasitas dan kualitas ASN.

“Mau tidak mau, suka tidak suka, kita akan bersaing dengan ASN di kabupaten lain di Kalimantan Tengah maupun se-Indonesia. Jika kapasitas SDM kita tidak ditingkatkan, maka kita akan tertinggal dalam segala hal,” ujar Indra Gunawan diwawancarai wartawan, Sabtu (3/8).

Pj Bupati menambahkan, penguasaan teknologi informasi sangat penting, mengingat banyak pimpinan daerah dan pejabat yang masih kesulitan dalam menggunakan komputer. Peningkatan anggaran untuk pelatihan dan bimbingan teknis mesti dilakukan yang sebelumnya kurang diperhatikan di Kabupaten Barito Timur.

“Kalau daerah akan melayani masyarakat dengan maksimal kedepan SDM harus diperkuat,” kata Indra Gunawan.

Menurut Pj Bupati, minimnya alokasi anggaran untuk pengembangan SDM mesti diperhatikan serius. Besarannya harus seimbang dengan anggaran pembangunan.

“Saya lihat di Kabupaten Barito Timur dulu anggaran ini tidak pernah dialokasikan. Ini sangat miris untuk kita semua,” singgung Indra.

Selain itu, pengembangan SDM di masyarakat, Indra mengusulkan peningkatan beasiswa mahasiswa asal Bartim yang tengah menempuh pendidikan di luar daerah, baik di Kalimantan Tengah maupun di daerah lain. Beasiswa ini minimal berapa bantuan untuk bimbingan skripsi dan tesis melalui hibah.

Indra juga mendorong pembangunan infrastruktur menuju sentra pertanian. Hal tersebut guna mempermudah petani menjangkau kawasan produksi sebagai penopang ketahanan pangan daerah.(cak)

 3,088 total,  3 kali dibaca hari ini

Warta Terkait

Leave a Comment