Pemkab Bartim Gelar Upacara Peringatan HUT ke-67 Provinsi Kalteng

Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar, SE, M.Si menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-67 Provinsi Kalteng Tahun 2024 di Halaman Kantor Bupati Barito Timur, Senin (27/05/2024).

TAMIANG LAYANG- Pemerintah Kabupaten Barito Timur menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Acara ini digelar di Halaman Kantor Bupati Barito Timur, Senin, (27/05/2024). Hadir dalam upacara HUT ke-67 Provinsi Kalteng,  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Barito Timur, Pejabat Eselon II, III dan IV, ASN, PHT dan PHL di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Timur dan tamu undangan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar bertindak sebagai Inspektur Upacara  dan membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Tengah H.Sugianto Sabran.  Ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh Gubernur Kalteng pada momen upacara Peringatan HUT ke -67 Provinsi Kalteng.

Gubernur Kalteng menyampaikan peringatan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng ini mengusung tema “Kalteng Berkah, Maju, dan Bermartabat”. Tema tersebut diyakini Gubernur Kalteng mewakili harapan dan cita-cita seluruh Masyarakat Kalteng.

Dikatakan Gubernur, setiap generasi muda Kalteng harus memiliki kesempatan mengenyam pendidikan berkualitas sampai ke perguruan tinggi, agar menguasi IPTEK serta memiliki karakter dan akhlak prilaku yang baik. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalteng terus berkomitmen meningkatkan sarana sekolah, kapasitas guru dan juga beasiswa. Karena itu Pemprov Kalteng meningkatkan bantuan sosial pendidikan dalam tiga tahun terakhir. Bahkan di tahun 2024 ini, kata Gubernur Kalteng, bansos pendidikan dianggarakan sekitar Rp.153,5 Miliar untuk program Tabungan Beasiswa Berkah (Tabe).

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan DPRD Kabupaten Barito Timur saat hadir dalam Upacara Peringatan HUT ke-67 Provinsi Kalteng

Di bidang Kesehatan, jelas Gubernur Kalteng, Pemprov Kalteng membangun RSUD Kelas B di Hanau Kabupaten Seruyan. Tujuannya agar masyarakat Kalteng wilayah Barat tidak perlu lagi jauh-jauh ke Palangka Raya untuk mendapatkan layanan rumah sakit rujukan.

Gubernur Kalteng mengatakan saat ini Kalteng masih memiliki PR besar yaitu upaya percepatan penurunan stunting. Dijelaskan Gubernur Kalteng dampak sunting bukan hanya soal tinggi badan, tapi juga rendanya kemampuan belajar anak, keterbelakangan mental dan mudanya penyakit kronis masuk.”Untuk itu perlu sinergi kita bersama, lintas sektor, mulai dari pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga keluarahan/desa,” tegas Gubernur Kalteng.

Terlepas dari berbagai keberhasilan Pembangunan saat ini, kata Gubernur Kalteng, masih ada hal-hal yang perlu dibenahi untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan Masyarakat Kalteng.

Menghadapi Pilkada serentak 2024, Gubernur Kalteng berpesan kepada seluruh Masyarakat untuk aktif menggunakan hak pilihnya dan menjaga pondasi kantibmas agar selalu rukun, aman dan kondusif. Disamping itu orang Nomor satu di Kalteng ini juga menekankan agar ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimatan Tengah untuk tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Nopember 2024 mendatang.(sul)

Sekda Bartim Panahan Moetar, Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah foto bersama usai upacara peringatan HUT ke-67 Provinsi Kalteng di Halaman Kantor Bupati Bartim, Senin (27/05/2024).

 468 total,  4 kali dibaca hari ini

Leave a Comment